Cara Membuat Website Sesuai Kriteria Google AdSense

- Penulis Berita

Rabu, 14 Juni 2023 - 23:18 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

JAGOADSENSE.COM Cara membuat website yang sesuai dengan kriteria Google AdSense bisi dibilang gampang-gampang susah. Disatu sisi ada gampang nya, Namun disisi lain ada susahnya.

Dizaman yang serba canggih seperti sekarang ini, banyak orang yang tertarik untuk membuat website baik untuk tujuan pribadi, bisnis, bahkan untuk dua-duanya.

Karena kemajuan teknologi yang semakin canggih, banyak orang yang berlomba-lomba untuk menghasilkan uang dari internet, salah satunya dengan membuat website.

Yaps, kalian tidak salah dengar, website memang menjadi salah satu pekerjaan yang digeluti oleh banyak orang, mulai dari remaja hingga orang dewasa. Sebab jika sudah mempunyai website maka, peluang untuk menghasilkan cuan akan semakin mudah dengan cara memonetisasi websitenya.

Dalam upaya monetisasi website, Google AdSense seringkali menjadi pilihan terbaik dibandingkan dengan para kompetitornya. Namun, yang menjadi pertanyaan adalah apakah segampang itu untuk menghasilkan uang dari website?

Jawabannya tentu saja tidak, Menghasilkan uang dari website itu memang benar adanya, Namun tidak semudah membalikkan telapak tangan. Tidak semua website itu bisa di daftarkan ke Google AdSense. Sebuah website harus memenuhi persyaratan yang telah diberikan oleh pihak Google agar website bisa di monetisasi.

Penasaran apa saja syarat yang harus dipenuhi oleh pemilik website agar bisa diterima Google AdSense? Simak terus yah!

Hal yang Wajib Dilakukan Agar Website Sesuai dengan Kriteria Googel AdSense

Jika kalian adalah pendatang baru dalam dunia blogging, tentu kalian jangan terburu-buru untuk mendaftarkan website kalian ke Google AdSense.

Kalian wajib mengetahui beberapa hal terkait persyaratan yang harus dipenuhi meskipun disini tidak semuanya berasal dari Google, Tapi ini sudah saya praktekkan sendiri untuk memudahkan website diterima Oleh Google AdSense dan hasilnya memang benar terbukti.

1. Perhatikan Desain dan Tampilan Website

Sebuah website harus memiliki tampilan yang rapi serta enak dipandang. UI/UX haruslah dibuat sebaik mungkin agar enak dilihat oleh para pengunjung. Gunakanlah theme yang sederhana, simpel tapi enak ketika dipandang.

Tampilan yang acak-acakan serta tidak beraturan tata letaknya tentu tidak akan disenangi oleh pengunjung. Jika pengunjung saja enggan untuk membuka website kalian, apalagi Google yang tentu lebih paham dari mereka (para pengunjung).

Jadi website kalian harus dibuat dengan sebaik mungkin, baik itu dari segi desain pemilihan warna, penempatan widget dan lain sebagainya.

2. Tidak Ada Permalink yang Mati

Jika syarat diatas sudah terpenuhi, maka langkah selanjutnya adalah mengecek apakah di website kita ada link yang mati alias link yang error? Jika ada, segera perbaiki jangan sampai ada satu link yang gagal untuk diakses. Sebab ini juga menjadi salah satu penyebab website di tolak Google AdSense.

3. Perhatikan Struktur dan Navigasi Website

Google juga memperhatikan struktur dan navigasi website dalam mengevaluasi kelayakan website kalian untuk bermitra dengan Google AdSense. Oleh karenanya pastikan website kalian memiliki struktur yang teratur dan rapi.

Penggunaan kategori dan tag yang jelas akan membantu para pengunjung untuk menemukan informasi yang sedanga mereka cari.

Selain itu, pastikan navigasi website kalian mudah dipahami. Pengunjung harus dapat dengan mudah mengakses berbagai halaman yang ada di website kalian. Struktur website dan navigasi yang baik akan membantu meningkatkan pengalaman pengguna serta besar kemungkinan website kalian diterima oleh Google AdSense.

4. Website Harus Responsive

Pastikan website kalian sudah responsive, artinya website kalian dapat menyesuaikan dengan baik ketika diakses oleh pengunjung, baik itu melaluo desktop, tablet, dan smartphone.

Penggunaan desain responsive pada sebuah website dapat meningkatkan pengalaman yang baik bagi para pengunjung.

5. Perhatikan Kecepatan Website

Pastikan website kalian memiliki kecepatan dibawah 3 detik agar pengunjung tidak meninggalkan halaman website kalian.

Banyak cara untuk mempercepat loading website seperti menghapus plugin dan widget yang tidak diperlukan, optimasi gambar, dan hindari penggunaan script yang berat yang dapat memperlambat waktu muat halaman sebuah website.

6. Buat Laman Pendukung

Agar memenuhi persyaratan Google AdSense, sebuah website harus memiliki halaman pendukung seperti halaman kebijakan privasi, disclaimer, tentang kami dan laman hubungi kami.

Halaman kebijakan privasi ini harus menjelaskan bagaimana data pengunjung akan diambil, digunakan, dan dilindungi oleh website kalian.

Halaman Tentang Kami harus berisi tentang semua informasi yang berkaitan dengan website kalian. Seperti tujuan serta visi dan misinya.

Halaman Hubungi kami berisi tentang bagaimana pengunjung dapat menghubungi kalian saat mereka mempunyai pertanyaan terkait konten yang mugkin susah untuk dipahami.

Laman disclaimer ini memiliki peran penting dalam memberikan informasi kepada pengunjung tentang tanggung jawab hukum, batasan penggunaan, serta kebijakan penggunaan website.

Dengan membuat halaman-halaman pendukung tersebut, maka pasti akan memberi kesan bahwa kalian memang seorang yang profesional serta serius untuk menjadi bagian dari Google AdSense.

7. Konten Harus Berkualitas

Pernah tidak kalian menemukan keluhan di berbagai forum terutama Facebook, yang mana mereka mengeluh bahwa websitenya tidak lolos review Google AdSense karena terkena Low Value Content?

Yups, Low value konten adalah konten yang sama sekali tidak memberikan manfaat bagi para pembaca. Sehingga banyak yang menyarankan untuk membuat artikel dengan panjanga minimal 1000 kata.

Kalo saya sendiri tidak terlalu sepakat dengan saran tersebut, sebab jika memang website harus memiliki artikel dengan panjang minimal 1000 kata, lantas bagaimana dengan blog loker yang panjangnya tidak lebih dibawah 500 kata?

lalu seperti apa konten berkualitas itu?

Menurut saya pribadi konten yang berkualitas adalah konten yang bermanfaat serta mampu memberikan solusi atas masalah yang sedang mereka (pembaca) cari.

Dengan membuat konten yang bermanfaat dan berkualitas maka sudah pasti pembaca akan semakin tertarik dengan konten-konten yang ada di website kalian.

Ada beberapa tips dari saya terkait cara membuat artikel yang berkualitas:

  1. Ambil sudut pandang yang unik serta belum banyak dipakai oleh orang lain.
  2. Buat judul yang menarik
  3. Tambahkan media visual seperti infografik, ilustrasi ataupun video

Teman-teman, membangun website yang berkualitas itu memang sulit, tapi mempertahankan kepercayaan pembaca itu jauh lebih sulit lagi.

Kalian harus bisa menjaga kepercayaan pembaca dengan cara konsisten menjaga kualitas artikel serta memperhatikan setiap feedback dari pengunjung.

8. Patuhi Semua TOS Google AdSense

Jika ke-7 lagkah ditas sudah bisa kalian hadapi, maka yang terakhir ini kalian harus membaca dengan teliti terkait syarat serta kebijakan yang telah diberikan oleh Google AdSense.

Kalian bisa baca TOS Google AdSense di sini. Jika kalian berada di Indonesia, silahlan kalian pilih negara Indonesia dan baca dari awal hingga akhir terkait ketentuan yang telah diberikan oleh Google Adsense

Cara Membuat Website Sesuai Kriteria Google AdSense

cara membuat website sesuai dengan kriteria google adsense

Berikut ini adalah cara membuat website sesuai dengan kriteria Google AdSense:

1. Tentukan Platform

Tentukan platform untuk website kalian. Ada banyak sekali platform yang bisa kalian gunakan untuk membuat website. Namun yang populer digunakan hanya dua, yaitu blogger dan WordPress.

Kalian bisa memilih antara kedua platform tersebut sesuai dengan keinginan dan budget yang kalian miliki. Namun disini mimin memilih platform WordPress.

2. Pilih Domain dan Hosting

Setelah menentukan platform, langkah selanjutnya adalah memilih nama domain yang sesuai dengan niche atau topic website kalian.

Banyak sekali ekstensi domain yang bisa kalian gunakan seperti .com dan .id. Pastikan juga nama domain yang kalian pilih mudah di ingat.

Karena disini mimin menggunakan WordPress, maka kita perlu membeli domain sekaligus hostingnya. Kalian dapat membeli hosting yang murah tapi tidak murahan.

Di Indonesia sendiri banyak sekali provider yang bisa kalian manfaatkan untuk membeli hosting dan domain seperti Rumahweb, Niagahoster, Idwebhost dan masih banyak lagi.

3. Install Website

Setelah domain dan hosting sudah dibeli, maka langkah selanjutnya ialah melakukan instalasi pada website kalian melalui cPanel. Disini saya menggunakan layanan dari Niagahoster.

Cara instalasinya cukup mudah. Silahkan ikuti langkah dibawah ini:

1. Login halaman member area, kemudian pilih kelola layanan.

pilih kelola layanan

2. Untuk mengakses cPanel, maka silahkan scroll kebawah dan pilih Lihat Semua Fitur cPanel untuk masuk ke halaman Dashboard cPanel kalian.

Lihat Semua Fitur cPanel

3. Kemudian scroll kebawah dan pilih “WordPress Manager By Softaculous”.

pilih softaculous

4, Silahkan Isi semua data yang diperlukan

install website

  1. Pilih URL web yang akan kalian gunakan. Disarankan untuk menggunakan format link URL dengan awalan https
  2. Kosongkan tempat in Directory.
  3. Kemudian pilih username dan password untuk login ke website kalian.
  4. Untuk bagian tema biarkan saja default.
  5. Masukkan email instalasi.
  6. Klik “Install”.
  7. Proses instalasi telah selesai.

4. Gunakan Theme WordPress yang High CTR

Setelah website kalian selesai di install, silahkan login ke dashboard website kalian. Kemudian silahkan persiapkan theme wordpress yang akan digunakan.

Jika tujuan kalian membuat website adalah untuk Google AdSense, maka gunakan theme weordpress yang High CTR.

Jika kalian belum mengetahui cara mengunggah theme wordpress, silahkan ikuti langkah dibawah ini:

1. Klik menu Tampilan dan pilih Tema.

 

cara upload theme high ctr

2. Lalu pilih menu Tambah Baru.

cara menambahkan theme wordpress

 

3. Klik Unggah Tema dan silahkan kalian pilih tema yang sudah kalian miliki. Jika sudah kilik Instal Sekarang.

 

install theme

Setelah theme website diunggah, silahkan untuk mengaktifkan tema tersebut. Kemudian lakukan konfigurasi dan pengaturan sesuai dengan keinginan dan selera kalian.

5. Install Plugin

Salah satu langkah yang tidak boleh kalian lewatkan ketika membuat website agar sesuai dengan kriteria Google AdSense adalah dengan menambahkan plugin.

Hal ini bertujuan untuk mengoptimasi webite kalian dimesin pencari Google. Beberapa plugin yang mimin sarankan untuk di install adalah:

  • Yoast SEO
  • Editor Classic
  • WPForms
  • Code Snippets
  • Plugin Easy Table of Contents

6. Buat Halaman Pendukung

Seperti yang sudah mimin jelaskan diawal, bahwa halaman pendukung (About, kontak, Privacy dan disclaimer) wajib kalian buat. Ini bertujuan agar Google melihat keseriusan kalian dalam membangun website profesional.

Sebab Google AdSense sendiri sangat memperhatikan halaman situs pada sebuah website. Mereka akan mengevaluasi apakah laman tersebut layak menjadi mitra mereka atau tidak.

Agar website kalian lebih mudah di terima oleh Google AdSense, di sarankan untuk membuat halaman secara lengkap seperti yang sudah mimin sebutkan diawal.

Berapapun jumlah halaman yang kalian buat, pastikan jangan sampai ada halaman yang kosong. Pastikan semua halaman di website kalian sudah terisi dengan konten artikel yang baik dan lengkap.

7. Buat Konten yang Berkualitas

Setelah halaman website sudah selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah membuat artikel yang berkualitas. Artikel yang berkualitas sangat membantu website kalian saat ingin diajukan untuk daftar Google AdSense.

Buatlah artikel dengan menggunakan hasil karya dan tulisan kalian sendiri. Jikalau harus menjiplak artikel milik orang lain, setidaknya kasih sumber sebagai rujukan.

8. Hubungkan dengan Google Analytics dan Google Search Console

Jika semua tahap sudah kalian lewati, maka langkah selanjutnya adalah mendaftarkan website kalian ke Google Analytics dan Search Console.

Ini bertujuan agar kalian lebih mudah dalam memonitorinig website kalian, seperti memantau visitor, melacak kinerja website hingga memantau artikel mana yang mendapatkan kunjungan terbanyak.

9. Website Siap di Daftarkan Ke Google AdSense

Ditahap ini kalian sudah sukses membuat website sesuai dengan kriteria Google AdSense. Jadi kalian tinggal daftarkan saja website kalian ke Google AdSense dan kemudian tinggal menunggu Google melakukan review terhadap website kalian.

Biasanya review ini memakan waktu antara 1 minggu hingga 2 minggu lamanya. Namun bisa juga lebih cepat. Jadi selama proses review, pastikan kalian rutin untuk memporsting artikel minimal 1 hari sekali.

Membuat Website Sesuai Kriteria Google AdSense Mudah Bukan?

Gimana, mudah bukan membuat website untuk Google AdSense? Dengan mengikuti panduan diatas, Insya Allah website kalian akan diterima oleh Google AdSense.

Catatan: Panduan mengenai cara membuat website untuk Google AdSense merupakan panduan yang bersumber dari pengalaman pribadi.

Jika diantara kalian ada yang berhasil di terima oleh Google AdSense dengan mengikuti panduan yang saya berikan, silahkan untuk memberikan feedback yah.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian semua.
Salam Earning.

Berita Terkait

Cara Menghapus Akun AdSense yang Dinonaktifkan
Cara Daftar Google AdSense untuk Pemula
Sebutkan 3 Keuntungan yang Diperoleh Pemasang Adsense
Apa itu Adsense? Panduan Lengkap untuk Pemula
Apa itu Pin Google AdSense? Tutorial Lengkap untuk Mendaftar dan Verifikasi Pin
Apa Itu Google AdSense dan Cara Menghasilkan Uang dari Program Ini?
Bagaimana Cara Mendapatkan AdSense YouTube: Tutorial Lengkap
Kapan Uang dari Google AdSense Masuk ke Rekening? Panduan Lengkap

Berita Terkait

Kamis, 22 Juni 2023 - 13:24 WIB

Cara Menghapus Akun AdSense yang Dinonaktifkan

Sabtu, 17 Juni 2023 - 03:23 WIB

Cara Daftar Google AdSense untuk Pemula

Jumat, 16 Juni 2023 - 16:09 WIB

Sebutkan 3 Keuntungan yang Diperoleh Pemasang Adsense

Rabu, 14 Juni 2023 - 23:18 WIB

Cara Membuat Website Sesuai Kriteria Google AdSense

Senin, 12 Juni 2023 - 00:46 WIB

Apa itu Adsense? Panduan Lengkap untuk Pemula

Minggu, 4 Juni 2023 - 04:15 WIB

Apa Itu Google AdSense dan Cara Menghasilkan Uang dari Program Ini?

Sabtu, 3 Juni 2023 - 04:42 WIB

Bagaimana Cara Mendapatkan AdSense YouTube: Tutorial Lengkap

Jumat, 2 Juni 2023 - 23:07 WIB

Kapan Uang dari Google AdSense Masuk ke Rekening? Panduan Lengkap

Berita Terbaru

Blogger

Cara Menghapus Akun AdSense yang Dinonaktifkan

Kamis, 22 Jun 2023 - 13:24 WIB

Blogger

Cara Daftar Google AdSense untuk Pemula

Sabtu, 17 Jun 2023 - 03:23 WIB

Blogger

Sebutkan 3 Keuntungan yang Diperoleh Pemasang Adsense

Jumat, 16 Jun 2023 - 16:09 WIB

Blogger

Cara Membuat Website Sesuai Kriteria Google AdSense

Rabu, 14 Jun 2023 - 23:18 WIB

Blogger

Apa itu Adsense? Panduan Lengkap untuk Pemula

Senin, 12 Jun 2023 - 00:46 WIB